KPR vs Ngontrak untuk Beli Tunai: Hitung Untung Rugi Secara Masuk Akal

Memiliki rumah pribadi adalah impian semua orang yang ada di dunia ini, mengapa demikian? Karena selain menjadi tempat beristirahat, rumahpun bisa menjadi tempat untuk melakukan berbagai macam aktifitas, maka dari itu rumah sangat dibutuhkan oleh setiap makhluk hidup yang ada di bumi ini.


Namun seperti yang kita tahu bahwa budget untuk bisa memiliki rumah itu tidaklah sedikit, sehingga banyak orang yang melakukan berbagai macam cara untuk bisa memiliki rumah ini yang salah satunya adalah membeli rumah dengan cara kredit atau biasa di sebut KPR.

Tapi tidak sedikit orang juga yang menilai bahwa membeli rumah dengan sistem KPR ini sangatlah merugi, dan sebagian orang lebih memilih ngontrak rumah dahulu sambil menabung untuk membeli rumah secara tunai dari pada menggunakan sistem KPR, mengapa demikian? Mari kita bahas bersama.

KPR

ketika kita membeli rumah dengan cara kredit tentu kita akan di bebani dengan suku bunga yang pastinya tidak kecil dan memiliki jangka waktu yang cukup panjang, sehingga jika kita perhitungkan secara baik dan benar, kerugian membeli rumah dengan sistem KPR ini sangatlah besar, tapi kenapa masih banyak yang mau menggunakan sistem KPR?

Alasan pertama adalah ketika orang tersebut tidak mau ribet alias ingin simple, namun nyatanya jika kita bisa cermat dengan kontrak berbagai macam persyaratan dan perjanjian KPR justru malah membuat semuanya semakin ribet, dan tentu akan menimbulkan kerugian yang cukup besar.



Ngontrak untuk Beli Rumah

Selain membeli rumah dengan sistem KPR sebagian orang ada yang memilih untuk mengontrak terlebih dahulu, lalu apa untungnya mengontrak dahulu sebelum memiliki rumah pribadi? Yang pertama jika kamu mengontrak dahulu dan bisa menjalani hidup dengan sederhana, tentu kamu bisa menabung uang cukup banyak dalam waktu yang tidak cukup lama,

Dengan begitu kamu bisa membeli rumah secara tunai tanpa melalui KPR, karena jika kamu bisa mengontrak rumah yang sederhana saja, maka kerugian akan semakin kecil dari pada kamu membeli rumah secara KPR yang dimana bunganya akan lebih besar dari pada saat kamu mengontrak rumah sederhana dan menabung secara bersungguh-sungguh.

Menabung yang lebih baik adalah ketika kamu menabung dengan menggunakan emas, yang dimana emas tersebut merupakan investasi yang tidak akan terkena invlasi, dan bisa jadi dari tahun ke tahunnya akan terjadi penaikan harga yang cukup tinggi, dengan begitu tabungan kamupun akan memiliki untung yang cukup tinggi juga.

Itulah beberapa keuntunga dan kerugian membeli rumah dengan sistem KPR atau mengontrak rumah sederhana lalu menabung untuk membeli rumah secara tunai.